fbpx

Cara Hidup Sehat Di New Normal

New normal merupakan perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Sebagaimana himbauan dari pemerintah ini menganjurkan agar kita bisa hidup “berdampingan” dengan virus yang telah menelan jutaan jiwa di seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui sejak pandemi COVID-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Ada pun kita harus menjada kesehata dengan cara hidup sehat di new normal sebagai berikut:

1. Mengelola Strees

Cara hidup sehat dengan mengurangi hormon stressyang diakibatkan oleh kerjaan, keuangan tidak singkrin, hubngan asmara dan berbagai perahara hidup lainnya tentu akan membuat stre. Saat merasa stres, semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat stres

2. Memilih Makanan Yang Baik Untuk Tubuh

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Cara hidup sehat ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan normal. Tidak hanya berat badan, akan tetapi juga membatu untuk memperkuat imun tubuh. Pastikan dalam piring terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula. Salah satu contoh makanan yang kaya akan gizi dan karbohidrat yaitu pempekHH.

3. Olahraga Secara Teratur Sebagai Cara Hidup Sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika melaksanakan cara hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, di antaranya adalah meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, rutin berolahraga juga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah, sehingga bisa memiliki lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Cara hidup sehat ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan normal. Tidak hanya berat badan, akan tetapi juga membatu untuk memperkuat imun tubuh. Pastikan dalam piring terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula. Salah satu contoh makanan yang kaya akan gizi dan karbohidrat yaitu pempekHH.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh  merupakan air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali bernapas. Inilah mengapa, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap hari. Lebih jauh, memastikan bahwa asupan cairan tepenuhi dengan baik tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh bagi agar tidak mengonsumsi minuman manis.

5. Tidur Yang Cukup

Alarm Cara Hidup Sehat
Foto: The Hungry JPEG

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya. Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru. Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan Anda. Akan lebih baik jika Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Sumber: Alodokter

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *