fbpx

Makanan Palembang Ini nih yang Wajib kamu Coba!

Makanan Palembang tentunya banyak dan beragam sekali. Makanan Palembang sendiri muncul karena banyaknya percampuran budaya yang ada di Palembang, mulai dari Arab, India, Tionghoa sampai dengan Melayu. Namun, paling banyak budaya yang tercampur adalah dari Tionghoa. Bahkan pempek saja juga ada campur tangan dari etnis Tionghoa loh dalam sejarah perkembangannya. Meskipun pempek sendiri sudah dianggap ada sejak jaman Kerajaan Sriwijaya. Selain pempek, tentunya ada berbagai macam makanan Palembang lain loh yang tidak kalah nikmatnya, nah mana aja nih makanan Palembang yang kamu tahu? Apa ada kesukaanmu?

Laksa, Makanan Palembang yang Ada di Banyak Tempat

Laksa Tangerang Khas Banten
Foto: food.com

Makanan satu ini juga sering kali disebut sesuai dengan pengucapan Palembang, yaitu “Lakso”. Berbentuk seperti mie, kuah lakso lebih kental dan gurih. Apalagi jika ada tambahan bawang goreng! Laksa juga tidak hanya ada di Palembang saja loh, kamu bisa menemukan juga laksa di Tangerang dan Bogor. Selain itu di luar negeri juga ada, tentunya dengan rasa dan bumbu yang berbeda. Di luar negeri, kamu bisa menemukan versi lain laksa di Malaysia dan Singapura.

Burgo

Kalau burgo, bisa dianggap sebagai makanan kecil dan bukan sebagai makanan utama. Makanan ini bisa ditemui di warung-warung khas Palembang, dan biasanya bisa kamu temukan bersama dengan adanya laksa, celimpungan, dan laksan. Pastinya burgo akan lebih enak jika dimakan dengan hangat. Bahan utama burgo adalah setengah kilogram beras, sagu, setengah kilogram ikan gabus, dan air. Bagaimana dengan kuahnya? Kuah santan ini dibumbui dengan campuran bawang putih, ketumbar, lengkuas, garam, dan daun salam. Sebelum disajikan, panekuk lipat burgo dipotong-potong, disirami kuah santan, kemudian ditaburi bawang goreng. Sambal dan perasan jeruk nipis dapat ditambahkan untuk menambahkan rasa pedas dan asam segar.

Laksan, Makanan Palembang kembaran laksa?

Laksan Palembang
Foto: indonesianfood.com

Nama makanan  ini memang mirip dengan laksa, tapi tetap berbeda loh!  Laksan terbuat dari bahan baku sagu dan ikan. Laksan dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang hampir mirip dengan pempek, tetapi disajikan dengan menggunakan kuah santan. Apakah kamu sudah pernah mencobanya sebelumnya, atau baru pertama kali mendengarnya nih?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *