fbpx
Gaya Hidup Sehat

Lifestyle Kekinian dan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup atau yang sering disebut dengan lifestyle adalah gambaran tingkah laku. Pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana aktivitas seseorang. Minat dan ketertarikan serta apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga membedakan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki. Seiring dengan perkembangan jaman, gaya hidup dulu tidak bisa disamakan dengan gaya hidup jaman sekarang atau modern. Terdapat perbedaan gaya hidup dulu dan gaya hidup modern. Di jaman semakin maju, segala sesuatu di dunia ada saja perubahannya salah satunya gaya hidup sehat. Kesehatan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan karena adanya perubahan jaman. Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting yang akan mendukung segala aktivitasmu berjalan dengan lancar.

Daftar Isi

Menjaga pola hidup sehat bisa membuat seseorang terhindar dari segala macam penyakit dan virus. Itulah mengapa, penting untuk menjaga pola hidup sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa seluruh dunia sedang mengalami pandemic covid-19 yang belum ada obatnya. Akan tetapi adapun cara pencegahan agar tidak terkena virus corona yaitu salah satunya gaya hidup sehat. Adapun gaya hidup yang diperhatikan, mulai makanan, minuman, nutrisi hingga rutinitas berolahraga. Penerapan pola hidup sehat itu selalu berhubungan dengan faktor makanan. Hal penting untuk menjauhi pola makan tidak sehat, yang  dapat menyebabkan tubuh menjadi terkontaminasi berbagai penyakit. Maka dari itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat dan higienis.

Gaya hidup sehat adalah cara kita menjalani hidup guna menurunkan risiko terpapar penyakit atau meninggal dunia di usia muda. Memang tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar penyakit kronis atau penyakit penyebab kematian, seperti jantung koroner dan kanker, bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Menjalani gaya hidup sehat bukan hanya sekadar mencegah penyakit, akan tetapi juga menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Terlebih lagi, selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, gaya hidup sehat yang diterapkan bisa menular ke orang-orang di sekitar kita, terutama keluarga kita sendiri. Oleh karena itu, penting untuk segera memulai gaya hidup sehat agar kualitas hidup meningkat secara keseluruhan dan bisa hidup lebih lama.

Faktor Yang Dapat Memengaruhi Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Modern
Foto: Mobitekno

Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang bisa memberikan dampak pada kesehatan, seperti bagaimana cara seseorang menerapkan pola hidupnya, apakah sudah benar-benar menjalankan pola hidup yang sehat atau masih belum. Gaya hidup seseorang bisa terpengaruh dari lingkungan sosialnya. Gaya hidup seseorang dapat diubah, misalnya dengan cara memberikan pembelajaran bahwa pola hidup yang sehat itu penting.

Perubahan gaya hidup

Zaman dan perkembangan teknologi makin maju serta selalu mengalami perubahan. Saat ini, sudah banyak dirasakan, manusia malas untuk bergerak dan sering mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak sehat, serta selalu berperilaku yang dapat merugikan kesehatannya. Maka dari itu, setiap orang harus selalu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatannya di tengah perkembangan zaman, di mana gaya hidup selalu mengalami perubahan.

Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat tak selalu harus dilakukan dengan cara rumit akan tetapi tidak bisa sembarangan. Ini perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan. Berikut Cara sederhana yang bisa diterapkan sebagai upaya dalam menjalani hidup sehat:

Asupan Gizi Seimbang

Asupan Gizi Seimbang Gaya Hidup Sehat
Foto: Alodokter

Langkah menerapkan gaya hidup sehat yaitu memastikan tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang setiap hari. Tentu saja hal ini berhubungan dengan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Hal ini sangat penting, supaya tubuh dapat tumbuh, berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Tidak hanya itu, cara pengolahan makanan pun wajib diperhatikan, agar tidak merusak zat gizi di dalamnya, sehinggga makanan yang dikonsusmi tetap memberi manfaat. Jika masih terjebak dalam kebiasaan pola makan yang tidak sehat, mulailah dengan mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini berguna sebagai pengingat agar dapat membatasi atau menambahkan konsumsinya. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa memilih makanan yang alami, atau dalam proses pembuatannya tidak ada zat kimia yang masuk ke dalamnya. Gunanya adalah untuk menghindari efek negatif yang bisa dihasilkan.

Untuk mendapatkan gizi yang seimbang, harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Namun, itu saja tidak cukup. Asupan gizi yang didapatkan tersebut harus dijaga dengan cara menghindari makanan dan minuman yang sekiranya kurang sehat dan berpotensi menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh. Untuk menjalani hidup sehat, setidaknya harus mengonsumsi buah dan sayur disampig daging dan sumber karbohidrat lain. Contoh asupan gizi seimbang yaitu isi setengah dari piring dengan sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Sayuran tak mengandung zat tepung antara lain bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya seperti wortel, brokoli, dan kembang kol. Mengisi setengah piring dengan sayuran non-tepung menjadi cara sederhana untuk membuat diet lebih sehat, karena rendah kalori tapi dikemas dengan nutrisi, serat, dan air. Mengonsumsi rokok, alkohol, hingga obat-obatan terlarang dapat membuat ketagihan sehingga menjadikan seseorang sulit menghindarinya. Jika ingin mendapatkan kesehatan yang optimal, maka perlu meminimalkan konsumsi zat-zat tersebut.

Hindari soda bergula, jika ingin menjadi lebih sehat. Cobalah untuk menghindari minuman manis. Minuman manis tidak mengandung nutrisi penting dan sarat dengan gula. Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker. Selain itu, asam dalam minuman ringan juga dapat merusak gigi, terutama jika dikombinasikan dengan gula. Jika mengonsumsi banyak soda, pilih minuman yang lebih sehat seperti air soda tanpa pemanis dengan lemon. Minum air yang cukup dapat membantu menjaga fungsi otak yang sehat, konsentrasi, dan suasana hati yang positif. Selain itu, air dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat rasa kenyang dan meningkatkan berapa banyak kalori yang dibakar. Jika kesulitan meminum air putih yang cukup, coba untuk minum satu gelas setiap kali makan.

Mengontrol Berat Badan Ideal

Makanan Pedas Menurunkan Berat Badan
Foto: Klikdokter

Menjaga pola makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes dan mempertahankan berat badan yang ideal. Bila sedang berusaha menaikkan atau menurunkan berat badan menjadi ideal, makan makanan dengan gizi seimbang bisa membantu mencapainya. Rutinlah mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi ini dapat membantu mencapai berat badan yang ideal dan mempertahankannya. Selain itu, penting juga untuk memulai hari dengan sarapan yang sehat, misalnya dengan susu rendah lemak atau gandum utuh. Jika tidak sarapan, gula darah akan cenderung meningkat, sehingga lemak dalam tubuh juga meningkat. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan. Tidak hanya itu saja, ada juga yang perlu diperhatikan yaitu  mengurangi minuman manis, seperti soda dan minuman kemasan, makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, dan kudapan manis yang biasanya dalam kemasan. Pastikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh merupakan alami dan sehat.

Olahraga Teratur

Gaya Hidup Sehat Olahraga Teratur
Foto: Klik Hijau

Melakukan kegiatan olahraga secara teratur memang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Meski aktifitas sehari-hari sangat padat, olahraga harus tetap diperhatikan. Saat ini sebagian dari kita semua melakukan aktivitas dari rumah, baik bekerja atau belajar selama pandemi virus corona ini, namun tetap harus diiringi dengan olahraga agar tubuh tetap bugar. Kita dapat berolahraga ringan sembari beraktivitas dari rumah bersama dengan keluarga. Selain selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus rajin olahraga. Namun, masih banyak orang yang malas dan merasa enggak punya waktu untuk olahraga Sebenarnya kamu bisa melakukan olahraga ringan, dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Kamu masih bisa melakukan macam-macam olahraga ringan di rumah atau lingkungan sekitar rumah.

Rutin berolahraga juga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah, sehingga Anda bisa memiliki lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Lakukanlah setidaknya 150 menit olah raga setiap minggunya. Ini bisa dibagi dalam beberapa 3–5 hari. Olahraganya pun bisa yang sederhana saja, misalnya berjalan kaki dan naik-turun tangga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko meninggal di usia muda dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Gaya Hidup Sehat Dengan Mengelola Stress

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan keduanya berjalan seiringan. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus, bahkan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Tidak bisa dimungkiri, stres juga termasuk salah satu hal yang harus kamu hindari untuk memperoleh kesehatan yang maskimal. Memang beban hidup yang yang berat bisa mendatangkan stres, tetapi harus pintar-pintar bagaimana mengelolahnya. Saat stres melanda, maka gejala fisik yang bisa kamu rasakan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit, hingga sulit tidur. Untuk mengelola stres dengan baik, dapat mengambil waktu untuk bersantai dan melakukan hal yang disenangi. Beberapa hal, seperti yoga atau meditasi, juga bisa dilakukan agar terhindar dai stres. Selain itu dapat melakukan olahraga secara teratur. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah bahan kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih tenang. Selain dengan olahraga, stres juga bisa dikendalikan adalah dengan bersosialisasi. Hubungan antar manusia dapat menghilangkan rasa kesepian yang sangat bisa menyebabkan stres. Penting juga untuk bersyukur agar pikiran dan hati tetap tenang. Kesehatan rohani juga akan memengaruhi kesehatan secara fisik secara keseluruhan, sehingga tidak bisa diabaikan.

Istirahat Yang Cukup

Alarm Cara Hidup Sehat
Foto: The Hungry JPEG

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk membiasakannya ialah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup disini maksudnya adalah memiliki jam tidur yang ideal dan menghindari aktivitas lembur yang bisa membuat tubuh kelelahan. Terlalu sering begadang itu tidak baik, ada banyak efek buruk yang bisa timbul dan dialami oleh tubuh karena hobi begadang. Mulai tubuh yang lemas sampai pikiran yang mudah stres. Pastikan jam tidur selalu terpenuhi dan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika merasa sulit tidur, dapat mencoba mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik untuk membuat tubuh lebih rileks dan semakin mudah terlelap.

Sumber: kompas, alodokter

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *