fbpx

Tempat Wisata di Palembang untuk Imlek 2021

Sudah hampir waktunya nih Imlek! Kira-kira kamu sudah merencanakan mau pergi kemana saja? Kalau kamu akan pergi ke Palembang kota asal pempek, mungkin kamu bisa pilih-pilih dulu tempat wisata di Palembang yang akan kamu kunjungi. Berbagai tempat wisata di Palembang siap membuat wisata kamu di Palembang semakin berkesan. Mulai dari wisata religi ke Klenteng Chandra Nadi dan Masjid Cheng Ho; wisata alam ke Hutan Puti Kayu; atau kamu mau wisata sejarah melihat-lihat berbagai museum yang menarik seperti Museum Sultan Badaruddin II atau Museum Negeri Balaputra Dewa. Yuk lihat beberapa pilihan tempat wisata di Palembang untuk pilihan liburan imlek kamu!

Masjid Cheng Ho

masjid cheng ho

Masjid Cheng Ho terletak di sebelah selatan dari pusat Kota Palembang, tepatnya di Kompleks Perumahan Amin Mulia, Jakabaring. Pembuatan Masjid Cheng Ho dilakukan dengan memakai arsitektur yang menggunakan perpaduan unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan  Tionghoa, dan Arab. Masjid ini memiliki nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang dam menjadi simbol multikultur di Palembang. Masjid Cheng Ho didominasi dengan warna hijau giok dan merah. Pengunjung dapat menikmati masjid dengan konsep yang unik dan mengambil foto disini, tanpa perlu membayar biaya masuk. Untuk mencapai Masjid Cheng Ho dari pusat kota Palembang berjarak sekitar 8 km dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pulau Kemaro

pulau kemaro tempat wisata di Palembang
Foto: jurnaltrip.pikiran-rakyat.com

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, yang terbentuk dari proses alam dari tanah dan lumpur yang terkumpul di muara sungai dan membentuk pulau. Pulau Kemaro memiliki situs sejarah seperti Pagoda berlantai 9, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, pohon cinta, dan makam putri Sriwijaya. Pengunjung yang datang akan merasakan suasana ala negeri tirai bambu. Pulau ini sebaiknya kamu kunjungi di pagi hari atau sore saja ya, sebab jika siang akan terasa sangat panas. Cap Go Meh adalah waktu yang paling bagus saat berkunjung. Sebab selama Cap Go Meh berlangsung akan digelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan Cap Go meh seperti Barongsai, Drama, Wayang Potehi, pertunjukan musik, sampai wisata kuliner. Pulau Kemaro berada tak jauh dari Jembatan Ampera, pengunjung dapat menyewa perahu atau speed boat dari Benteng Kuto Besak (BKB) dengan berbagai ukuran sesuai kapasitas, dengan harga sewa mulai dari 200 ribu hingga 2 juta rupiah untuk perjalanan pulang – pergi.

Klenteng Chandra Nadi

klenteng chandra nadi
Foto: rumahhokie.com

Tempat ibadah yang berusia ratusan tahun di Palembang tidak hanya masjid, tapi juga klenteng. Salah satunya adalah Klenteng Tri Dharma Chanda Nadi yang berdiri tahun 1733. Klenteng ini terletak di Jalan Perikanan, 10 Ulu, Kota Palembang. Tempatnya eksotis dengan dominasi warna merah di setiap sudutnya. Tempat ibadah ini memiliki dua nama lain, yaitu Soei Goeat Kiong dan Klenteng Dewi Kwan Im. Sejak dahulu juga, setiap upacara perayaan hari besar termasuk Imlek diadakan di Klenteng Chandra Nadi dan kemudian diteruskan ke klenteng di Pulau Kemaro. Sehingga tidak heran Klenteng Chandra Nadi adalah klenteng paling terkenal di Palembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *